Monday, December 3, 2012

Flores: Preambule


Yak saatnya untuk berbagi perjalanan gw kemarin. Tujuan liburan gw kemarin adalah ke Flores. Yah, masih banyak orang Indonesia sendiri yang nggak tau Flores itu ada di mana. Padahal sekarang ini pulau itu adalah salah satu fokus promosi wisata Indonesia ke luar negeri. Menurut gw yang baru aja ke sana, sangat worth untuk menjadikan Flores tujuan wisata karena beberapa alasan. Landscape  Flores bener-bener beda banget sama yang ada di Jawa atau Bali. Pulau itu juga menawarkan wisata gunung dan laut secara komplit. Wisata budaya di sana juga nggak kalah menarik. Yah, yang kurang di Flores mungkin cuma wisata kuliner karena orang Flores boleh dibilang nggak punya makanan khas. Tapi itu nggak mengurangi keelokan Flores, seperti artinya sendiri yang berarti bunga. Apalagi tahun depan juga bakal diadakan Sail Komodo 2013, jadi be prepared  untuk menyiapkan perjalanan kalian ke sana!

Liburan gw kemarin berlangsung selama 12 hari 11 malam. Dengan jangka waktu segitu, liburan sekarang jadi perjalanan gw terlama di dalam negeri, di luar mudik tentunya. Seperti sebelum-sebelumnya para pionir perjalanan ini riset kecil-kecilan dulu dan nyiapain itinerary yang pas, serta mulai ngajak orang-orang yang mau berpetualang. Yak, berpetualang! Karena perjalanan ke Flores jangan diharapkan bisa menikmati akomodasi dan transportasi yang enak. Singkat kata, yang mau ikut harus backpacking. Setelah tarik ulur nawarin kesana-sini hampir sebulanan, jadilah yang terkumpul cuma 4 orang, yaitu Fadhil, Fatia, dan Dina.

Walaupun itinerary udah mateng, persiapan sebelum perjalanan pun nggak kalah ribet tapi seru. Tentu packing itu bagi gw termasuk yang paling ribet. Stok obat gw di perjalanan yang sekarang tergolong yang paling banyak. Belum lagi kami nggak booking transportasi atau penginapan yang bakal didiami lebih dulu. Singkat kata, ini bener-bener perjalanan yang mungkin bakal banyak perubahan di tengah jalan. Tiket pesawat demi hemat bener-bener dibeli beda maskapai biar jatuhnya yang paling murah.

Total biaya perjalanan untuk 12 hari ini cuma sekitar 6-7 juta rupiah. Relatif lebih murah dibandingkan biaya yang harus dikeluarkan kalo bepergian ke daerah lain di Indonesia.

Hmmm... untuk perjalanannya gw bingung mau gw ceritain seberapa banyak. Hahaha! Mungkin nanti akan gw bagi ke beberapa postingan dan agak panjang. Jadi jangan bosan-bosan untuk ngikutin blog gw.

No comments:

Post a Comment