Sunday, October 24, 2010

I'm an Uncle Now!

Minggu kemarin, lebih tepatnya 19 Oktober 2010, lebih tepatnya lagi pukul 10.57, gw telah resmi mempunyai keponakan baru dari kakak perempuan gw satu-satunya. Keponakan yang lucu, imut, mungil itu bernama panggilan Jehan, dengan nama lengkap Jehan Aqila Rai, anak dari kakak gw, Yasmin Aulia Hayyu, dan suaminya Yogi Tujuliarto. Bayi itu lahir di RSAB Harapan Kita dengan dokter kandungannya adalah bokap dari temen gw sendiri. Panjang lahir 45 cm dengan berat lahir 2945 gram. Alhamdulillah, bayinya dan ibunya lahir dengan selamat, langsung nangis, walaupun sempet kuning, nggak ada cacat bawaan, dengan operasi SC, tentunya dengan indikasi medis karena usia kandungan yang udah masuk ke minggu-41.

Usia 9 jam

Praktis, dengan adanya bayi baru di keluarga gw, sistem panggilannya jadi berubah. Kakak gw dan suaminya lebih memilih untuk nantinya dipanggil Bunda dan Abi. Bokap dan nyokap gw lebih memilih untuk dipanggil Eyang. Sementara gw masih bingung nantinya mau dipanggil apa. Dipanggil Om kesannya kayak om-om gitu, dipanggil Paman juga kesannya kaku banget, dipanggil Uncle kesannya sok internasional, sementara itu dipanggil Paklik (singkatan dari bapak cilik) kesannya kok ndeso gitu. Jadilah gw belum menentukan panggilan yang tepat buat si kecil Jehan ini.

Keasikan disinar

Sejak adanya Jehan di rumah gw juga, mood orang-orang serumah jadi ceria semua. Singkatnya adanya bayi baru berarti ada mainan baru yang harus dijaga. Walaupun sekarang si bayi masih nggak bisa melek karena belum berumur seminggu, tetep aja bikin betah untuk diliatin terus-terusan. Semua perhatian serumah tertuju ke dia, kalo nangis orang serumah ikut sibuk. Kalo lagi nggak tidur orang serumah rebutan ngegendong, pokoknya happy banget ada si Jehan di rumah. Weekend ini yang dipenuhi banyak tamu yang datang ke rumah gw buat menyambangi si Jehan terasa nggak capek gara-gara dia.

Kehebohan sebelum dia lahir juga nggak kalah serunya. Menjelang usia gestasi 38 minggu, semua orang di rumah panik kalo kakak gw tiba-tiba mules. Eh, bukannya kakak gw aware di rumah, malah lebih sering keluar jalan-jalan waktu itu. Sempet gw belajar buku Williams Obstetrics untuk mempelajari persalinan normal doang. Sempet juga gw melakukan pemeriksaan obstetri dan VT ke kakak gw sendiri. Nggak ada pasien, keluarga sendiri pun jadi. Setelah 2 minggu ditunggu-tunggu nggak nongol juga bayinya akhirnya diputuskan untuk SC.

Kebetulan juga saat ini, gw udah selesai stase di modul bedah dan bersiap untuk masuk ke modul anak yang artinya apa? Artinya adalah gw bisa menjadikan Jehan sebagai bahan ajar gw (maafin ya ponakanku). Pas banget gw bisa mempelajari dia sejak jaman neonatus sampe nanti usia sekitar 3 bulan. Itung-itung untungnya buat si Jehan adalah nanti dia punya dokter (muda) anak pribadi. She is truly a lucky girl.


No comments:

Post a Comment