Tuesday, July 24, 2012

Patient Story (2)

Saat menjelang siang, di balai pengobatan Puskesmas Setu 1, seorang pasien remaja perempuan berobat.

Gw: Kenapa neng?
Pasien: Kepala saya sakit banget nih dok kemarin malam.
Gw: Sakitnya di sebelah mana?
Pasien: Di belakang kepala dok.
Gw: Rasanya seperti ditekan gitu ya? Nggak ada sakit kepala sebelah?
Pasien: Iya dok, sampai ke seluruh kepala. Saya sih nggak pernah sakit sebelah. Saya sebelumnya udah ke 2 dokter di Jakarta dikasih beberapa obat tapi tetap aja muncul terus.
Gw: Ya udah ditensi dulu ya!

(Sambil perawat nensi pasien, gw membatin ngapain nih pasien berobat ke puskesmas ya abis berobat ke dokter swasta padahal obat puskesmas isinya ala kadarnya. Gw cuma ngasih 1 jenis obat generik)

Gw: Tensinya bagus kok. Banyakin minum aja ya. Saran saya kalo mau cek gula darah sama kolesterol. Terus ini saya kasih obat buat sakit kepalanya. Kalo mau saya resepin obat racikan biar nebus di apotik luar, soalnya obat puskesmas ya terbatas. Gimana?
Pasien: Nggak usah deh dok. Itu aja.
Gw: Kalo keluhannya masih berlanjut ke dokter spesialis saraf aja ya.
Pasien: Iya dok.

(Nggak lama kemudian)

Pasien: Dok, boleh minta surat sakit nggak?


"Beberapa pasien ujung-ujungnya surat sakit."

No comments:

Post a Comment