Saturday, March 2, 2013

Ngajar Itu Susah!

UKDI. Ujian itu mungkin jadi momok buat sebagian dokter baru di Indonesia. Tujuannya sih bagus, untuk menyamaratakan standar praktik kedokteran di Indonesia, seperti juga halnya praktik kedokteran di negara-negara lainnya. Tapi pada kenyataannya, nggak sedikit dokter baru yang menentang adanya ujian ini dengan berbagai macam alasan. UKDI itu sendiri awalnya terdiri dari 200 paket soal multiple choice yang harus dikerjakan dalam waktu 200 menit di komputer. Namun sekarang, 200 paket soal itu ditambah lagi dengan ujian praktik (OSCE) yang dilakukan seminggu setelahnya. Jadi, menjadi dokter sekarang memang perlu banyak proses, kalo udah menyelesaikan kuliah di FK masing-masing harus ikut UKDI dulu, kemudian disumpah, setelah itu lewat proses internship, baru dapat STR. Ribet ya? Mayaaan...

Nah, sejak tahun lalu dari pertengahan masa internship gw, salah satu kegiatan rutin gw adalah ngajar materi UKDI buat calon dokter-dokter baru di sebuah lembaga ajar UKDI. Ngajar materi UKDI saat masa-masa internship sungguh berguna banget buat recall dan refresh ilmu karena internship sesungguhnya masa-masa yang stagnan. Hampir semua murid-murid gw (yang awalnya sebenernya adalah seangkatan sama gw semua) berasal dari FK swasta, ada yang pinter, ada yang agak lambat, ada yang kritis, ada juga yang apatis. Dan gw sendiri selalu cuma ngambil sekelas aja untuk satu batch karena gw males ngabisin waktu banyak-banyak untuk ngajar. Padahal sebenernya honor dari ngajar itu lumayan menggiurkan, jauh di atas rata-rata kalo jaga klinik 24 jam.

Awalnya karena gw masih tutor baru, gw dikasih entah karena kebetulan murid-murid yang fresh graduate. Dapat murid yang tipe-tipe ini sungguh enak. Pertama, karena ilmunya dari FK masing-masing masih fresh sehingga gampang catch-up-nya. Kedua, karena prioritas hidupnya masih seputar karir dan rata-rata belum punya anak sehingga kemauan belajar di luar kelas juga tinggi. Dan yang ketiga, usianya rata-rata masih seumuran gw sehingga nggak canggung di dalam kelas dan gampang juga untuk 'belajar' bareng di luar kelas.

Nah, susahnya adalah kalo dapat kelas yang isinya adalah calon dokter-dokter yang lulus dari tahun lama dan udah beranak. Biasanya perempuan, setelah lulus, berkeluarga, kemudian hamil dan mengurus anak sampai agak gedean dikit, baru deh mikir untuk praktik dokter lagi. Yang kelas didominasi murid seperti ini memang susah. Ngajar satu materi harus berulang-ulang kali, dan prognosisnya pun biasanya lebih dubia ad malam.

Kira-kira menjelang akhir internship, gw baru dipercaya untuk ikut bikin materi ajar. Awalnya coba-coba, kelamaan kerjaan ini bikin pusing saat batch pertama gw masuk ke tim akademik. Tiap minggu berurusan sama deadline, kemana-mana harus bawa laptop untuk nyicil kerjaan, dan juga harus update ilmu tentang materi yang kita bikin. Semakin lama, karena udah adaptasi di tim akademik, gw lama-lama jadi malas untuk ngajar lagi. Karena ngajar itu beban mental. Kalo murid gagal, kitanya juga ikut drop. Kalo murid tanya, kita wajib jawab. Belum lagi kalo tanya yang aneh-aneh di materi yang agak kurang gw kuasai seperti psikiatri atau kedokteran komunitas.

Jadilah sekarang gw cuma menjadi tim akademik aja. Ngabisin waktu senggang di rumah dengan sortir soal-soal, bahas soal, dan tanggung jawab sama materi ajar. Paling nggak, gw nggak harus spare  waktu buat datang ke tempat les dan ngabisin waktu 3,5 jam untuk ngajar satu kelas.

Dan gw nyadarin bahwa untuk lulus UKDI itu udah cukup dengan bahas soal-soal UKDI yang udah berlalu. Ya dengan catatan, dasar keilmuan kedokteran juga menunjang, jadi nggak cuma ngapalin soal aja. Karena kadang-kadang clue-clue tertentu suka dibedain dengan soal-soal terdahulu. Dan gw agak nyesel dulu waktu gw ikut UKDI kenapa nggak kayak gitu ya? Entahlah.


No comments:

Post a Comment