Tuesday, March 12, 2013

Susahnya Jadi Dokternya Anak Sakit

Sudah hampir 2 bulan gw jadi dokter di rumah sakit tempat kerja yang baru. Alhamdulillah lingkungan di sini ramah dan bisa menerima gw dan segala kekurangan gw hehehe. Gw sendiri cukup betah kerja di sini walaupun tiap pagi dan sore harus berjuang melawan kejamnya jalanan ibu kota. Kebetulan juga rumah sakit ini juga masih seumur jagung, jadi ada banyak tantangan buat pengembangan ke depannya. Karena itu juga dokter umum di sini juga banyak yang muda dan sealmamater jadi mendukung suasana kondusif. Nah, karena rumah sakit gw ini memang didesain sebagai rumah sakit ibu dan anak, jadilah banyak banget kasus anak dan obstetri ginekologi yang masuk ke rumah sakit ini. Apalagi kalo udah berurusan sama fasilitas NICU/PICU yang rame dibicarakan orang sekarang ini, rumah sakit gw cukup bisa untuk jadi rujukan regional buat kasus bayi yang sakit kritis.

Awalnya gw masuk ke rumah sakit gw ini berharap jadi dokter yang pure tugas fungsional, artinya cuma berperan di pelayanan ke pasien aja. Tapi berhubung rumah sakit gw ini diharapkan bisa berkembang dengan adanya dokter-dokter baru, jadilah gw langsung ditaruh di instalasi perawatan anak sebagai kepalanya. Artinya juga gw harus belajar manajemen ruangan juga, yang berarti harus juga menguasai selain masalah medis pasien-pasien gw, menguasai masalah keperawatan pasien, masalah umum di ruangan, dll. Pertama tugas di situ tentu pusing. Namanya juga gw belum pernah pegang manajemen ruangan keperawatan. Tapi justru di situ letak tantangannya.

Selain instalasi perawatan anak, gw juga harus disuruh pegang klinik tumbuh kembang yang sebelumnya gw blank sama sekali. Apalagi berkaitan dengan fisioterapis dan terapis-terapis lainnya ngurusin klinik yang tugasnya membantu perkembangan anak yang mengalami keterlambatan perkembangan. Yah, semua harus dijalani satu-satu lah. Kalo cuma nanganin hal-hal yang udah pernah dipelajari sama aja dengan kita yang nggak mau berkembang.

Bicara tentang ruang keperawatan anak, ternyata jadi dokter ruangan di keperawatan anak benar-benar butuh kesabaran. Bisa dibilang, semua anak sakit yang dirawat di rumah sakit ini bakal ketemu sama gw. Pertama, karena selain ngurusin penyakitnya si anak ini, kadang-kadang orang tuanya atau seluruh keluarganya ikut-ikutan "sakit". Istilah "sakit" ini juga kadang-kadang bikin kesel dokter dan perawat. Kedua, di tengah kemajuan teknologi sekarang, mommies (atau istilah indonesianya bunda-bunda) jaman sekarang udah pada pinter-pinter untuk nanya penyakit anaknya ke dokter. Kadang-kadang pertanyaannya udah kayak pertanyaan presentasi pas jaman koass dulu seperti: "Berapa ya dok batasan hematokrit yang bisa disebut bahaya pada demam berdarah anak saya ini?"; atau "Batu empedu anak saya ini batu jenis apa ya dok?" Ketiga, tentu kalo berurusan sama anak sakit, tentu berurusan juga sama itung-itungan dosis per kg berat badannya. Dan yang keempat, beneran pemeriksaan fisik pada anak itu beneran susah dari dulu sampe sekarang. Kalo pasien nangis kita bisa tenang-tenang aja tapi pemeriksaannya juga susah, tapi kalo pasien tenang-tenang aja kita juga agak kuatir takutnya ada kenapa-kenapa. Belum lagi kalo pasien kritis di PICU/NICU, mereka gampang banget buat jelek, tapi gampang juga buat dibagusin lagi klinisnya kalo penanganannya benar. Kesimpulannya susah-susah gampang.

Jadi, kalo mau jadi dokter harus berpikir dua kali, kalo mau nerusin sekolah yang khusus menangani anak sakit mestinya harus berpikir empat kali.

No comments:

Post a Comment