Sunday, January 10, 2010

FKUI Basketball Team

Untuk postingan pertama gw mau cerita salah satu pengalaman gw yang berkesan di kampus FKUI: main basket.

Boleh dibilang olahraga itu hobi utama gw, salah satunya main basket. Gw sendiri kenal sama basket dimulai waktu SMP gw ikut ekskul basket (di SD gw lebih suka main bola), terus berlanjut ke SMA. Di SMA udah puas ikut kejuaraan-kejuaraan antar-SMA, dan waktu mau lulus gw commit untuk nggak ngelanjutin lagi di kuliah. Alasannya simpel: mau belajar serius demi masa depan yang gemilang (hahaha). Tapi pandangan ini berubah waktu gw masuk EBM dan ketemu temen-temen seangkatan gw yang hobi basket juga, yang jumlahnya juga lumayan banyak. Kita janjian untuk ikut latihan pertama di kampus.

Tim basket angkatan gw ( FKUI 2006) boleh dibilang udah lumayan jago untuk ukuran mahasiswa baru. Di kejuaraan Dekan Cup pertama, kita udah dapet juara IV (itu pun karena dipaksa kalah WO). Jumlah orangnya cukup untuk bikin 1 tim, malah berlebih. Anak-anaknya pun kompak buat latihan bareng. Ikut MPK OR basket juga bareng. Latihan juga rutin dateng, walaupun lapangan masih aspal kasar & lampu masih redup. Setelah kuliah di FKUI, gw baru sadar kalo belajar itu juga harus diimbangi oleh seneng-seneng juga, salah satunya ya basket ini.

Di tahun-tahun pertama gw, angkatan gw harus lebih ngalah sama angkatan atas, yang mendominasi tiap latihan maupun pertandingan. Begitu angkatan atasnya lulus, kontan tim basket FKUI juga limbung. Waktu itu, tiap turnamen rasanya jadi underdog. Susah banget buat lolos penyisihan. Pelatih pun ikut mundur waktu gw tingkat 2.

Masuk ke tingkat 3, dengan duit kas yang pas-pasan, direkrutlah pelatih baru. Turnamen pertama (Liga Medika 2008) memang diakhiri dengan kekecewaan, tapi sejak saat itu, kami mulai membangun tim dari dasar lagi. Pola individual diganti dengan pola kerjasama tim. Lapangan juga dibikin selayaknya lapangan olahraga & diterangi oleh lampu sorot yang memadai. Dan hasilnya nggak sia-sia. Sejak saat itu kami hampir menjuarai tiap turnamen yang diikuti: juara I Olimpiade UI, juara III Dentistry Cup (2008), juara II UMJ Cup, juara II Liga Medika, juara I Dentistry Cup, juara IV Olimpiade UI (2009), dan yang terbaru juara I Atma Cordis Cup (2010). Kas basket yang tadinya kempis, mendadak jadi terlampau tebal (terima kasih juga buat PPKM FKUI).

Well, di samping semua itu, gw tetep mahasiswa. Prioritas gw tetep belajar dan gw menjadikan basket ini hanya sebagai hobi (di samping hobi-hobi yang lain tentunya). Dan tentu gw pasti udah nggak main lagi kalo atmosfer di tim basket FKUI nggak nyaman. Many thanks to Gunawan (2000), Harman, Habibi, Wishnu (2001), Kemal, Aryo (2002), Reza (2003), Matthew, Yoshi, Ari, Achi (2005), Deryl, Diko, Aliev, Anton, Mogi (2006), Faisal, Elyas, Yoko (2007), Teja (2008), Erwin, Dimas (2009), Aryo (D3) yang udah bikin gw enjoy main basket di kampus. I'm proud being part of this team. Mudah-mudahan prestasi kita nggak sampai di sini, dan bisa jadi kenangan berharga buat masa depan.

Sunday night - after gaining Atma Cordis Cup

No comments:

Post a Comment