Sunday, February 21, 2010

Bebek Goreng

Yeah, it's been my favorite in recent weeks. Nggak tau kenapa akhir-akhir ini jadi sering makan bebek goreng, padahal sebelumnya (baca: 2 tahun silam) gw masih anti makan makanan yang satu ini. Sama kasusnya dengan sate, tongseng, dan nasi goreng kambing; dulu gw anti, sekarang doyan banget. Menurut gw padahal bebek goreng itu sama sekali bukan makanan yang sehat. Lemak dimana-mana, daging yang liat, berbau khas, nggak kayak ayam yang netral-netral aja. Gw juga lupa siapa yang ngenalin makanan yang satu ini ke gw.

Akhir-akhir ini gw jadi sering makan bebek goreng, mungkin gara-gara gw kebanyakan stase di RS luar jadinya gw sering wisata kuliner Jakarta. Tapi bener lho, bebek goreng di Jakarta nggak kalah sama yang ada di Surabaya. Variasinya pun macem-macem. Berikut ini ulasan 5 bebek yang gw makan, diurut dari yang paling biasa sampai yang paling enak. Bukan berarti di list ini adalah bebek yang terenak se-Jakarta, karena gw belum nyobain semua bebek di Jakarta. Dan sekali lagi, ini adalah versi gw.

1. Bebek Ginyo
Bebek Ginyo termasuk salah satu bebek branded yang cukup terkenal di Jakarta. Lokasinya di Tebet Utara, cukup deket dari rumah gw. Menurut gw sih, bebek disini banyak pilihannya. Ada bebek goreng, bebek bakar, bebek cabe ijo, dan sisanya gw lupa. Nilai plusnya tempatnya enak, walaupun parkirnya bikin stress, selalu macet kalo gw lewat situ. Nasi sepuasnya (ini yang penting!). Tapi rasa bebeknya terlalu standar, nggak ada rasa khasnya. Kalo dibawa pulang pasti jadi nggak enak deh. Harga sih murah, but still, I don't recommend it. Kalo ada yang lebih enak kenapa nggak ke tampat lain?

2. Bebek Slamet
Bebek Slamet ada di bilangan Rawamangun, deket sama UNJ. Tempatnya cukup enak. Bebek andalannya cuma satu: bebek goreng. Menurut gw, bebek gorengnya sangat berbumbu, tapi sayangnya waktu gw ke sana digoreng kurang kering. Sambelnya juga cukup enak, berminyak, banyak campuran bawangnya. Tapi secara umum, bebek sini enak buat dikunjungi. Harga sih standar. Porsinya juga cukup. Sayangnya, kadang-kadang bebek gorengnya bisa habis, padahal masih siang bolong. Lah gimana ini, restoran bebek kok bebeknya bisa habis?

3. Bebek Barokah
Bebek Barokah ada di seberang RS Persahabatan di Rawamangun. Dibilang restoran juga bukan, karena tempatnya berupa warung, di sebelah warung Padang yang punya dendeng balado paling enak se-Jakarta! Porsi bebeknya sih kecil banget, gorengannya juga biasa aja, tapi harganya juga murah banget. Walaupun warung-warung gini tapi udah banyak yang ngebahas di forum-forum di internet. Alasannya: bumbunya mantap!!! Bumbu di sini seperti bumbu rendang kering, diguyur di atas nasi panas, terus dikasih bawang goreng. Tapi awas, buat yang nggak suka pedes jangan coba-coba ke sini. Bumbunya sangat pedes!!! Habis makan pun, setelah mulut kepanasan, perut juga bisa kepanasan.

4. Bebek Kaleyo
Bebek Kaleyo termasuk bebek branded yang paling terkenal se-Jakarta. Cabangnya ada dimana-mana, tapi tetep yang paling mantap di tempat aslinya di Rawamangun, belakang Mal Arion. Bebek gorengnya sangat kering (sampai tulangnya bisa dimakan!), bumbunya enak, sambelnya mantap! Bebek gorengnya dilengkapi dengan kremes. Selain itu ada bebek bakar & cabe ijo. Pokoknya kalo dateng jam makan siang atau makan malem, pasti tempatnya penuh banget. Harganya standar. Tapi pokoknya rugi deh kalo nggak pernah ke sini dan nyicipin sambelnya yang mantap dan pedes.

5. Bebek Kemayoran
Ini dia bebek yang paling enak se-Jakarta sampai saat ini, menurut gw. Bebek Kemayoran (jeng..jeng..jeng). Berawal dari waktu stase gw di Harkit ditraktir sama salah satu dokter di sana makan nasi bebek bungkus, wah rasanya mantap skalee. Usut punya usut gw cari-cari informasi ke orang lain yang pernah ditraktir juga dan ternyata tempatnya di Kemayoran. Setelah punya telponnya, gw telpon dan ternyata lokasinya ada di sebelah RS Mitra Kemayoran. Setelah gw datengin, bukan restoran, bukan juga warung, tapi cuma gerobak dorong yang jual nasi bebek, sate ayam, dll. Tapi rasanya? Jangan ditanya. Bebeknya enak banget, dilengkapin sama bumbu serundeng (ini yang bikin enak!), plus sambel yang cukup enak, plus nasi yang banyak, plus harga yang murah! (nasi bebek porsi gede cuma 13.000). Gw pernah search di internet, belum ada yang ngebahas bebek ini. Kasian juga, makanya gw yang pertama ngebahas mungkin. Pokoknya highly recommended!

Tujuan selanjutnya:
Bebek Yogi - Kebonjeruk, Jakbar
Bebek Suryo - Blok S, Jaksel

Selamat makaaan!!!

No comments:

Post a Comment