Wednesday, June 23, 2010

Ooh Perut...

Inilah yang paling gw benci kalo lagi bepergian, kalo perut lagi bermasalah. Entah kenapa bulan-bulan terakhir ini kekerapan gw untuk sakit perut jadi semakin sering. Nggak jarang gw harus bolos di jam pertama kuliah demi menuntaskan hasrat si perut ini di rumah dulu. Padahal gw juga nggak punya riwayat genetik sakit perut lho! Dan sialnya juga gw masih belum punya obat yang manjur buat keluhan gw yang satu ini.

Di terminologi kedokteran, sakit perut didefinisikan sebagai suatu gejala (symptom), bukan suatu entitas penyakit (disease). Jadi mestinya namanya bukan sakit perut dong, mestinya gejala perut atau keluhan perut. Penyebabnya bisa bermacam-macam, dari iritasi, iskemik, obstruksi, atau pengaruh toksin. Berhubung gw masih ko-ass gw nggak tau yang mana jenis sakit perut gw.

Penyebabnya terutama kalo gw abis makan pedes. Entah kenapa juga, gw yang dari dulu suka pedes tiba-tiba jadi nggak tahan pedes karena sakit perut ini selalu muncul, yang diikuti sama perut yang kembung. Nah kalo udah gitu, alamat aja beberapa saat kemudian gw langganan WC. Mukosa usus gw menjadi mukosa yang paling lemah di antara mukosa-mukosa gw yang lain.

Saking parahnya keluhan ini, kalo dipikir-pikir, gw lebih memilih sakit pusing atau sakit batuk pilek daripada sakit perut. Sakit pusing kalo minum parasetamol sembuh. Sakit batuk pilek beres dengan bawa sapu tangan atau minum antihistamin. Nah kalo sakit perut? Boro-boro langsung sembuh pake obat diare, ujung-ujungnya harus ke WC juga. Selain itu juga sakit perut bisa bikin keluhan-keluhan lain, mulai dari keringat dingin, pusing, badan lemes, dehidrasi, dan lainnya. Intinya kalo sakit perut, terutama kalo lagi liburan ke luar kota itu jaminan pasti menderita.

No comments:

Post a Comment