Sunday, October 14, 2012

Tragedi Nasi Goreng

Sudah sewajarnya gw sebagai orang Indonesia aseli menyukai masakan Indonesia aseli juga. Beneran. Mau makan di hotel bintang lima sekalipun yang all you can eat, tetep makanan yang paling pas di lidah gw adalah menu Indonesianya.

Salah satu makanan Indonesia favorit gw adalah nasi goreng. Alesannya simpel: gw nggak perlu ribet-ribet makan nasi pake lauk dan sayur kalo gw makan nasi goreng. Sebenernya nasi goreng itu mungkin asli Cina, yang menyebar ke Asia bagian lainnya dan jadi makanan favorit di negara masing-masing. Personally, gw paling suka nasi goreng merah yang asalnya dari Malang atau Makassar. Varian nasi goreng lainnya juga gw suka.

Maka oleh karena daripada itu, pas gw main-selepas-kerja bareng teman-teman gw di salah satu mall elit di Jakarta, gw memesan nasi goreng. Kebetulan restorannya cukup kelihatan mewah dan enak buat ngumpul bareng. Restorannya sendiri mengandalkan menu bawang putih sebagai temanya, hmmm penasaran, gw sendiri adalah salah satu fans berat bawang putih. Teman-teman gw udah pada mesen dan katanya makanannya enak-enak. Definisi makanan yang gw pesen kayak gini: special fried rice with garlic pickles, shrimp, and asparagus. Ditambah lagi dengan tanda khusus chef recommendation di belakangnya. Oke, pesanan diminta, dibuat, dan diantar dan voila keluarlah makanan yang bentukannya seperti gini:



Buat gw yang udah mencicipi berbagai nasi goreng yang rasanya enak-enak, menurut gw rasanya standar. Malah cenderung aneh agak asem (bukan awesome) gara-gara ada acar bawang putih yang nyampur di dalemnya. Protein yang ada di dalem nasi goreng cuma 4 ekor udang berukuran sedang, sisanya cuma sayuran belaka.

Mau tahu berapa harganya? Rp 110.000,00 belum termasuk pajak restoran dan service charge.

Gw sendiri nggak masalah sekali makan buat gw ngehabisin duit segitu, tapi untuk sepiring nasi goreng??

Oh meeen... Dibandingin sama nasi goreng chinese food yang ada di Setu, Bekasi rasanya hampir sama. Dibandingin sama nasi goreng yang dijual restoran Cina yang ada di mall yang sama dan lebih murah rasanya beda jauh. Jangan dibandingin sama rasa nasi goreng merah berharga Rp 7.000,00 yang dijual di jalanan seantero Malang.

Gw jadi inget ada istilah menu nasi goreng yang dijual di deket kampus gw dulu di Salemba, si penjual menamakan menunya nasi goreng santri. Isinya cuma nasi + sayuran. Konon dinamakan santri gara-gara makanan para santri di pesantren emang rata-rata cuma nasi + sayur nggak pake protein. Nah, menu nasi goreng bawang putih yang gw pesen barusan rasanya hampir sama, agak plain, isi sayuran (bedanya si kangkung diganti sama si asparagus), dan ditambah sama 4 ekor udang.

No comments:

Post a Comment