Sunday, August 22, 2010

Tahun Ajaran Baru, Semangat Baru

Masa perkuliahan tingkat 5 udah dimulai, dan apa artinya itu? Berarti gw menjadi senior paling senior di kampus gw sekarang. Walaupun istilah senior paling senior itu agak diragukan artinya, karena menjadi ko-ass berarti menjadi kasta paling rendah di rumah sakit, bahkan lebih rendah daripada perawat. Apalagi gw masuk ke bagian-bagian besar di tingkat 5 yang berarti juga tanggung jawab juga menjadi semakin besar. Lupakan soal senioritas di kampus, karena itu udah bukan jamannya lagi. Tapi soal senioritas di kedokteran, itu bagaikan anda harus mengantri di dalam gang yang sempit yang anda nggak mungkin bisa menyalip senior anda. Fiuhh...

Back to the topic, kenapa gw memilih judul di atas? Karena kuliah di kedokteran butuh semangat tambahan untuk lulus. Ingat, untuk lulus, bukan untuk mendapat predikat cum laude, karena itu butuh modal yang lebih. Semakin dewasa seseorang, tanggung jawabnya pun makin besar. Nggak heran kerja dokter semakin tua semakin banyak prakteknya. Hampir nggak ada dokter yang pensiun dini, kecuali dia jadi pengusaha. Beruntung gw memilih stase bedah yang tergolong paling santai sebagai pilihan pertama, karena cocok untuk adaptasi dari liburan sekaligus adaptasi dengan teman-teman sekelompok. Karena bagi gw, semangat itu datang kalo teamwork juga menunjang. Barulah kalo stase ini udah selesai, gw bisa menjejaki ke stase-stase lainnya yang lebih berat.

Singkat dan nggak penting banget ya tulisan gw sekarang? Maklum buru-buru mau buka puasa. Mendingan nggak usah dibaca deh...

No comments:

Post a Comment