Sunday, December 16, 2012

Flores: Moni & Kelimutu

Perjalanan dimulai dari Jakarta, transit di Denpasar, lanjut ke bandara Frans Seda (Waioti) Maumere sore. Maumere sendiri adalah kota paling gede sejagat Flores. Tentu jangan dibandingin sama Jakarta. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum nyampe Maumere sebenarnya adalah pastikan moda transportasi apa yang akan membawa anda ke pusat kota. Jangan kayak kami berempat, begitu nyampe di bandara langsung bingung mau ngapain. Alhasil langsung dikerubutin sama agen-agen travel. FYI, di sana nggak ada taksi. Jadi pilihannya adalah travel, ojek atau naik angkot ke pusat kota yang harus jalan dulu lumayan jauh ke gerbang depan bandara. Oke karena nggak ada pilihan, travel minta 50 ribu rupiah buat nganter dari bandara ke pusat kota. Sebenernya dia sanggup nganterin pake Innova ke Moni seharga 500 ribu, tapi bujet kami nggak sanggup.

Entah ditipu apa nggak, dia nganterin cuma sampe deket gerbang depan bandara. Sebenernya nggak ditipu juga sih soalnya dia cariin travel yang nganter penumpang ke Moni. Tapi perbandingan harga dan jaraknya mahal amet! Yasudahlah yang penting dapat angkutan ke Moni. Travel ini harganya Rp 70 ribu per kepala naik mobil Avanza dengan penumpang 7 orang. Supirnya the best, jalan dengan penuh kehati-hatian, sangat nyaman, nggak bikin mabok, walaupun jalanan Maumere ke Ende via Moni itu terkenal meliuk-liuk dan banyak longsor. Sekitar jam 9 malem nyampe di Moni setelah sempat singgah ke peristirahatan di tepi jalan, dan nginep di homestaynya Pak John yang direkomendasiin sama adek kelas yang trip ke sini sebelumnya. Kamarnya nyaman, bednya asik, kamar mandinya standar, Pak John-nya ramah banget. Sebaiknya kalo mau ke Kelimutu berangkatnya pagi hari abis subuh. Kayaknya ini nasihat yang agak salah.

Jadi subuh-subuh kami naik ke Kelimutu ditemenin ojek seharga 70 ribu per ojek pulang pergi. Satu-satunya hal berguna dari bawa jaket di trip ini adalah untuk naik ke Kelimutu ini karena anginnya emang dingin bener. Gw nggak bisa nikmatin pemandangan jalan ke puncak gara-gara sibuk berurusan sama dingin. Sampai di gerbang taman nasional, bayar untuk kendaraan, orang dan kamera yang menurut gw murah banget lalu ditemenin ojek lagi sampai ke parkiran. Nah dari parkiran baru jalan kaki sampai ke summit.

Kelimutu sendiri ada 3 danau yang namanya susah banget dilafalin dan nggak mungkin dihafalin juga. Katanya sih ya, ada danau yang warnanya biru turquoise, ada yang hijau lumut, ada yang coklat kehitaman. Gw sih percaya aja belum ngeliat, cuma ngeliat lewat duit goceng pas masa kecil dulu. Eh begitu  ngeliat sendiri bener lho. Hebat ya yang ngasih tau gw! Dan dengan begitu gw juga tau kalo gambar yang ada di duit goceng dulu itu bohong. Danaunya nggak berjejer 3 berbarengan, tapi danau yang coklat kehitaman itu ada di sisi yang berbeda sama 2 danau lainnya.

Katanya juga nih ya, Kelimutu itu tempat baliknya roh-roh orang Flores. Nah kalo yang ini gw masih belum percaya soalnya gw nggak ngelihat ada 1 roh pun yang lagi melayang-layang ke arah danau.

Jadi setelah puas berkeliling kompleks danau dan foto-foto (itu yang terpenting!) kami pun balik ke parkiran. Soal foto-foto, kami pun menemukan istilah sesi foto baru yang dinamain socialita, yaitu foto pake blackberry masing-masing buat diupdate dan membuat iri teman lainnya, yang tradisi ini berlanjut terus sampai akhir trip. Di parkiran mau nggak mau kami harus mampir ke salah satu warung soalnya kami satu-satunya turis yang datang pagi itu. Ternyata nyobain kopi di sana rasanya enak gila. Kopi Flores memang top. Setelah minum nyemil sebentar kami harus cepet-cepet turun ke Moni lagi soalnya belum packing dan belum tau harus naik apa ke tujuan selanjutnya. Bahkan tujuan selanjutnya pun masih abstrak.

Di Moni, hasil nanya-nanya lagi sama Pak John dan bapak-bapak ojek yang baik hati masih belum tau juga cara nyampe ke tujuan selanjutnya. Pilihannya 2: ke kota Bajawa atau ke pantai Riung, tergantung faktor ekonomis, jarak tempuh, sama ada atau nggaknya angkutan yang praktis dari Moni. Dua-duanya pasti lewat kota Ende. Inilah enaknya backpacking, bisa nentuin sendiri ke mana tujuan selanjutnya.

3 comments:

  1. warna danaunya berubah2..keren kan! hehehe..,..
    visit tulisan saya yach :

    http://inarakhmawati.blogspot.com/2012/03/menmbus-panasnya-ende.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang saya kemarin nggak sempet untuk eksplorasi Ende. Mudah-mudahan ada waktu nantinya

      Delete
  2. bro ada kontak pak john yang punya penginapan disana kah?

    ReplyDelete