Saturday, December 29, 2012

Flores: Wae Rebo

Boleh dibilang, perjalanan ke Desa Wae Rebo merupakan gong dari perjalanan overland Flores dari timur ke barat kemarin. Gimana nggak? Desa ini udah mencaplok penghargaan UNESCO Asia-Pacific Awards for Cultural Heritage Conservation baru-baru ini. Kalo orang luar negeri udah menghargai desa itu, sebaliknya dengan orang negeri sendiri. Jumlah wisatawan domestik yang gw lihat di buku tamu Wae Rebo kalah jauh sama wisatawan luar. Bukan apa-apa. Kabarnya jalan menuju ke desa itu susah bukan main. Kami sih modal nekat aja maksa-maksain Pak Lexi (supir travel) untuk mau ke sana, padahal dia sendiri juga belum pernah ke sana. Hahaha, dasar bonek.

Perjalanan ke Wae Rebo hampir selalu dimulai dari Ruteng, soalnya perjalanannya sendiri lumayan nyapekin jadi disaranin istirahat dulu di Ruteng terus jalan pagi hari. Nggak lupa, kami beli bungkusan nasi padang dulu buat makan siang di tengah jalan. Dan bener, perjalanan Ruteng - Wae Rebo meliuk-liuk dengan patahan-patahan tajam. Kami beriringan sama 1 travel pasangan bule dari Swiss. Beberapa ruas jalan bahkan cuma bisa dilaluin 1 mobil. Untung jalanannya udah lumayan bagus dan diaspal, jadi nggak nyusahin kami. Ya iyalah, orang tinggal tidur di mobil doang hahaha, bahkan gw sendiri minum 2 antimo sebelum naik mobil. Sempet tidur, bangun, baca novel bentar, trus tidur lagi, bangun lagi. Singkat cerita, akhirnya kami sampai di jalanan pinggir laut, menandakan udah sampai di jalanan pesisir selatan Flores. Jalanan ini bukan jalan raya provinsi yang gede, bahkan kalo ada 2 mobil papasan salah satunya harus berhenti. Jalanan ini lumayan panjang juga. Dan yang nggak diduga-duga jalan ini makan korban ban mobil kami. Salah satu ban pecah dan ketika mau diganti ban serepnya juga kempes dan bocor alus juga. Jadilah akhirnya minta bantuan motor yang lewat buat nambalin ban ke tambal ban 'terdekat', sambil kami makan siang di pinggir laut diliatin sama anak SD yang baru pulang jalan kaki bermil-mil jauhnya. Singkat cerita lagi, tambal ban 'terdekat' itu nggak punya tubles, jadilah kita jalan dengan ban yang udah-dipompa-tapi-masih-bocor itu cepat-cepat ke tambal ban lain yang katanya punya tubles di Desa Dintor. Desa Dintor adalah desa pesisir terdekat untuk transit ke Wae Rebo. Desa ini ditandai sama adanya papan penunjuk jalan ke Wae Rebo dan juga Pulau Mules di seberangnya. FYI, kalo naik ojek dari Ruteng ke Dintor per orang kena 150 ribu rupiah.

Perjalanan Dintor - Denge nggak terlalu jauh, tapi menanjak. Desa Denge adalah desa terakhir untuk transit sebelum Wae Rebo. Pemandangan sepanjang jalan ajib banget, bahkan Pak Lexi yang orang Flores asli pun bilang pemandangannya bagus. Di Denge, kami menginap di penginapan milik Pak Guru Blasius Monta, bersama pasangan bule Swiss tadi, Michel & Maggie. Penginapan Pak Blasius itu yang satu-satunya di Denge, adanya di sebelah SDN Denge. Penginapannya sederhana banget, di depan ada beberapa kamar yang dijadikan 2 tingkat, sementara di belakang ada 2 kamar. Sebaiknya kalo peak season reservasi dulu ke Pak Blasius sebelum datang ke sana. Listrik cuma ada malam hari sampai jam 9 malam, sinyal nggak ada sama sekali, atau kalopun ada harus jalan ke kebun cengkeh yang ada di belakang rumah. Nice place to get isolated. Pak Blasius dan istrinya ramah banget, mereka selalu menekankan kalo nginap di sini anggap aja rumah sendiri. Jadi kalo butuh air tinggal ambil ke belakang, kalo butuh air panas boleh masak sendiri pake kompor kayu, kalo mau teh/kopi tinggal minta. Bahkan Bu Blasius nawarin ke gw untuk nyembelih ayam sendiri buat makan malam karena dia ngehormatin tamu-tamunya yang muslim. Sore hari, gara-gara ngantuk gw udah abis di perjalanan, gw emilih untuk main-main ke SDN Denge ngelihat anak-anak SD yang main sore. Hmmm... mengingatkan gw akan enaknya masa kecil yang nggak perlu mikir apa-apa. Malam itu kami habisin dengan ngeliatin sunset di halaman rumah, ngobrol sama supir, sama bule, sama Pak Blasius, makan malam pake ayam sembelihan sendiri, yah pokoknya melupakan semua masalah hahaha.

Perjalanan Denge - Wae Rebo harus dilakukan dengan trekking, nggak ada cara lain. Pak Blasius bilang jalannya enak kok, butuh sekitar 3,5 jam untuk sampai ke Wae Rebo. Denge ada di ketinggian 500 m sementara Wae Rebo ada di ketinggian 1.200 m. Kami berangkat pagi-pagi dianterin sama porter yang udah dipesen sama Pak Blasius sebelumnya. Soalnya kami berencana turun siang hari dan sore udah nyampe di Ruteng lagi. Perjalanan dimulai dari SDN Denge ke arah bukit belakang sekolah. Rute pertama melewati kebun-kebun, aliran sungai, dan penuh sama batu-batu di tengah jalan. Etape ini udah bikin ngos-ngosan karena batunya yang gede-gede. Rute kedua udah nggak ada bebatuan lagi tapi bener-bener panjang dan seperti jalan tiada akhir. Kemiringannya sih nggak seberapa, paling curam cuma sekitar 30 derajat. Pos dua ditandai dengan adanya tebing berpagar yang dari situ bisa dapat sinyal si merah. Perjalanan dilanjutkan dengan menanjak lagi sampai akhirnya keliatan ada ujung atap Mbaru Niang yang mulai nongol. Nah dari situ perjalanan menurun sampai ke Desa Wae Rebo, melewati kebun kopi milik warga.

Sesampainya di Wae Rebo setelah 3,5 jam jalan, hal yang pertama harus dilakukan sebagai tamu adalah minta ijin ke tetua adat di sana, simbolis pake duit. Setelah diijinin baru boleh keliling desa, yang mau istirahat ada Mbaru Niang khusus untuk tamu. Di sana disajiin kopi robusta asli Wae Rebo yang rasanya memang mantap untuk ngusir capek setelah trekking. Warga sana cukup welcome untuk menyambut para tamu, yang hari itu cuma ada 7 orang: kami berempat, pasangan bule Swiss, dan seorang traveller photographer dari Jakarta yang ternyata sebaya sama kami bernama Yudi. Kami baru tahu juga kalo di Wae Rebo bisa nginep juga, tentu dengan tarif beda. Kalo seperti kami yang cuma singgah sehari dikenakan 100 ribu rupiah per kepala, kalo yang nginep dikenakan 225 ribu rupiah per kepala. Sayangnya hal ini ngak sebanding sama makanan yang disajikan di sana, kami cuma dapat nasi, mie goreng, dan tumis sayur di sana. Sejauh ini di Wae Rebo merupakan expense termahal selama di Flores. Sampai siang kami bercengkerama sama penduduk lokal, tanpa lupa kebiasaan sosialita, ambil foto-foto ciamik untuk dipamerin begitu nyampe di Jakarta. Selepas siang, kami harus segera turun ke bawah soalnya langit udah mulai gelap. Kalo turun gunung barengan sama hujan, bakal lama nyampe di Denge.

Perjalanan turun memang lebih cepat. Tapi ngebayangin harus jalan turun gunung lewat jalan yang dilewatin saat naik tadi lumayan bikin mual. Gw nggak terlalu suka lewat jalan yang sama kalo turun gunung. Belum lagi gw kena serangan lintah 4 kali selama perjalanan turun ini, alhasil kaki gw merah kehitaman gara-gara darah sendiri. Perjalanan turun ini 'cuma' 3 jam saja. Sesampainya di rumah Pak Blasius sore hari, langsung disajiin lagi kopi Wae Rebo yang nikmat itu dan bersiap untuk jalan ke Ruteng biar nggak kemaleman. Pak Lexi udah fresh habis istirahat seharian.

Perjalanan turun dari Denge ke Dintor menyajikan pemandangan yang lagi-lagi spektakuler, jalanan lurus turun ke bawah dengan panorama Pulau Mules di kejauhan dengan latar belakang langit sore. Perjalanan Dintor - Ruteng kami tempuh lewat jalan yang berbeda, menembus gunung tapi lebih cepat. Nggak disangka jam 7 malam kami udah tiba di Ruteng dan siap untuk petualangan berikutnya.

Untuk detil tentang Wae Rebo bisa mengunjungi sini, sini, dan sini.

Untuk menghubungi Pak Blasius, cukup SMS ke +6281339350775

1. OMAYGAD beneran ke Waerebo! Oke thanks, terima kasih sudah membuat saya iri.

1. Hahaha, sebelum disarankan pun tujuan ini sudah masuk ke itinerary. Ayo, visit Flores!